Label: Home » » Pengertian Bayi Tabung

Pengertian Bayi Tabung

Bayi tabung

Kesempurnaan kebahagiaan bagi pasangan suami isteri (pasutri) adalah ketika mereka dikaruniai keturunan. Namun demikian tak semua pasutri ternyata mampu mendapatkannya dengan mudah. Bahkan ada juga yang tidak mampu menghasilkan keturunan sama sekali. Menurut Prof. Dr. dr. Sudraji Sumapraja SpOG (K), ada 10%-15% pasutri di seluruh dunia yang mengalami gangguan kesuburan. 90% di antaranya telah diketahui penyebabnya. Dari prosentase tersebut, 40% disumbangkan oleh pihak perempuan sedangkan 30% dari pihak laki-laki dan sisanya dari kedua belah pihak.

Berbagai upaya pun ditempuh oleh pasutri yang kesulitan mendapatkan keturunan. Salah satunya alternatifnya yaitu melalui program bayi tabung sebagaimana yang dilakukan oleh artis Inul Daratista. Program bayi tabung biasanya dilakukan oleh pasutri yang mengalami gangguan pada alat reproduksi maupun pasutri yang susah memiliki momongan dikarenakan sebab yang tidak jelas.

Pengertian bayi tabung yang sebenarnya memang tidak begitu populer di tengah masyarakat. Malah ada juga yang beranggapan bahwa bayi tabung adalah bayi yang proses pembuahannya terjadi di dalam tabung. Ada juga masyarakat yang memplesetkan tentang bayi tabung dengan pengertian yang bersifat olok-olokkan. Yakni bayi dari hasil ‘tabungan’ karena biayanya yang memang sangat mahal. Dan bisa jadi masih banyak lagi pengertian bayi tabung yang beredar di tengah masyarakat dengan versinya sendiri-sendiri.

Yang jelas, pengertian bayi tabung adalah istilah teknis. Yakni proses pembuahan sel telur oleh sperma yang terjadi di tubuh wanita atau dikenal dengan istilah In Vitro Fertilization (IVF). In Vitro berasal dari bahasa Latin yang berarti di dalam sedangkan Fertilization adalah bahasa Inggris yang memiliki arti pembuahan. Proses pembuahan atau bertemunya sel telur dan sperma terjadi di dalam cawan petri (semacam mangkuk kaca berukuran kecil). Hasil dari pembuahan ini kemudian ditanamkan kembali ke dalam rahim. Mungkin karena proses pembuahan tersebut terjadi di cawan kaca (seolah seperti tabung), akhirnya masyarakat mengenalnya sebagai pengertian bayi tabung.

Pengertian bayi tabung sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Steptoe dan Edward sejak tahun 1977. Keduanya merintis program tersebut untuk pasangan yang susah mendapatkan keturunan. Bayi pertama yang lahir dari program bayi tabung adalah Louise Brown. Ia lahir dengan pertolongan langsung dari Dr. Robert G. Edwards dan C. Steptoe pada tanggal 25 Juli 1978 di Manchester Inggris. Sejak saat itulah klinik yang menjalankan program bayi tabung berkembang dengan pesat.

Program bayi tabung memang bisa menjadi solusi alternatif. Namun demikian, hal tersebut akhirnya menuai reaksi dari para agamawan. Mereka memperdebatkan keabsahan program bayi tabung jika ditinjau dari kaca mata agama. Polemik tentang bayi tabung yang mereka soroti adalah seputar terjadinya pembuahan yang tidak terjadi secara alamiah, yakni tanpa melalui persetubuhan. Selain itu mereka juga mempermasalahkan munculnya aspek komersial dengan adanya sperma dan sel telur donor maupun persewaan rahim.

Sumber : http://www.bayitabung.net/72/sekilas-tentang-bayi-tabung/

2 komentar:

  1. saya kira dulu waktu masih smp bayi tabung itu sperma dan sel telur di campur dan dimasukkan kedalam tabung, dan jadilah bayi tabung.. hehe

    Mas, kok komentar URL tidak dihidupkan?

    http://www.tubankita.com/2012/10/download-codec-untuk-gom-player-yang.html

    BalasHapus

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...